Selasa, 30 Juni 2009

TEMPAT UNTUK MENJADI ANGGOTA.

Saudara bukan lagi orang asing…., melainkan anggota kelarga Allah serta warga Kerajaan Allah bersama-sama dengan orang Kristen yang lain. (efesus 2:19)

Keluarga Allah adalah Jemaat Allah yang hidup, penopang dan dasar kebenaran (I Timotius 15b)

Anda dipanggil untuk menjadi anggota, bukan hanya percaya.
Anda diciptakan untuk menjadi komunitas, diukir bagi persekutuan, dan dibentuk bagi sebuah keluarga dan tidak satupun dari Anda dapat memenuhi tujuan dan rencana Tuhan sendirian. Memang hubungan dengan Kristus adalah pribadi, tetapi Tuhan tidak pernah memaksudkannya menjadi privasi. Dalam keluarga Tuhan Anda dihubugkan kesetiap orang percaya lain, dan anda akan maenjadi bagian dari satu sama lain selam-lamanya.
Persekutuan lokal Anda. Alkitab berkata seorang Kristen tanpa sebuah rumah gereja adalah seperti sebuah organ tanpa sebuah tubuh, seekor domba tanpa kawanan, atau seorang anak tanpa keluarga.
Gereja mengidentifikasikan Anda sebagai orang yang percaya murni. Ada bukanlah tubuh Kristus sendirian. Anda membutuhkan orang lain untuk mengungkapkan itu. Bersama-sama, tidak terpisah Anda adalah tubuh-Nya.
Gereja mengeluarkanmu dari solusi egoisme. Gereja lokal adalah kelas untuk mempelajari bagaimana bergaul dengan baik dalam keluarga Tuhan. Ia adalah sebuah lab bagi praktik kasih yang tidak mementingkan diri sendiri dan simpatik. Sebagai seorang anggota yang berpartisipasi Anda belajar untuk mempedulikan orang lain dan berbagi pengalaman dengan orang lain.
Gereja menolong Anda menggambangkan otot rohani. Anda tidak akan pernah bertumbuh dewasa hanya dengan menghadiri kebaktian penyembahan dan menjadi penonton yang pasif. Hanya dengan berpartisipasi dalam kehidupan penuh sebuah gereja lokal yang dapat membangun otot rohani.
Tubuh Kristus membutuhkan Anda. Tuhan mempunyai sebuah peran unik bagi Anda untuk anda jalankan dalam keluarga-Nya. Inilah yang disebut “pelayanan” –Anda dan Tuhan telah mamberi Anda karunia bagi tugas ini. Persekutuan lokal adalah tempat yang Tuhan rancang bagi Anda untuk menemukan, mengembangkan, dan menggunakan karunia-karunia Anda.
Anda akan berbagi dalam misi Kristus didunia. Ketika Yesus berjalan dibumi, Tuhan bekerja melalui tubuh fisik Kristus; sekarang Ia menggunakan tubuh rohani-Nya. Gereja adalah alat Tuhan dibumi. Sebagai anggota-anggota tubuh kristus, Anda adalah tangan-Nya, kaki-Nya, mata-Nya dan hati-Nya. Ia bekerja melalui Anda didunia.
Gereja akan Menahan Anda agar tidak tergelincir. Tidak satupun dari Anda kebal godaan. Pada situasi yang tepat, Anda bisa bebuat dosa. Tuhan mengetahui hal ini, jadi Ia telah menugaskan Anda sebagai pribadi bertanggung jawab untuk menjaga satu sama lain agar tetap dijalur benar. Alkitab berkata, “tetapi nasihatilah seorang akan yang lain setiap hari, selama masih dapat dikatakan “hari ini”, supaya jangan ada diantara Anda menjadi tegar hatinya karena tipu daya dosa.” Anda masing-masing dipanggil dan diperintahkan untuk terlibat dalam orang lain.
Semua ada digereja. Tuhan menciptakan gereja untuk memenuhi lima kebutuhan terdalammu: sebuah tujuan untuk hidup, orang untuk hidup bersama,prisip-prinsip hidup, profesi untuk dijalani, dan tenaga untuk bertahan hidup. Tujuan Tuhan bagi gereja-Nya identik dengan kelima tujuan-Nya bagi Anda. Penyembahan menolong memfokuskan diri kepada Tuhan; persekutuan menolong menghadapi permasalahan hidup; pemuridan menolong mempertahankan iman; pelayanan menolong menemukan talenta; penginjilan menolong memenuhi misi. Tidak ada tempat lain dibumi seperti gereja! Anda dapat menghabiskan sepanjang hidup Anda mencari gereja yang sempurna, tetapi tidak akan pernah menemukannya. Anda dipanggil untuk mengasihi orang berdosa, sama sepeti Tuhan lakukan. Anda menjadi seorang Kristen dengan memberi diri kepada Kristus, tetapi Anda menjadi seorang anggota gereja dengan memberi diri kepada sebuah kelompok orang percaya yang spesifik. Keputusan pertama membawa keselamatan; yang kedua membawa persekutuan.

Pertanyaan renungan: Apakah tingkat keterlibatanku digereja lokalku menunjukan bahwa aku mengasihi dan berkomitmen kepada keluarga Tuhan?

Tidak ada komentar: