Selasa, 30 Juni 2009

DICIPTAKAN UNTUK MENJADI SERUPA DENGAN KRISTUS

Allah mengetahui apa yang Dia kerjakan sejak semula. Dia memutuskan untuk menjadi permulaan untuk membentuk kehidupan orang-orang yang mengasihi Dia serupa dengan kehidupan anak-Nya kita melihat bentuk yang asli dan yang diharapakan dari kehidupan kita. (Roma 8:29) (Msg)

Anda diciptakan untuk menjadi seuopa dengan Kristus.
Dari semula, rencana Tuhan adalah untuk menjadikan Anda serupa dengan Putra-Nya, Yesus. Inilah Tujuan hidup Anda dan tujuan ketiga dari hidup Anda. dari seluruh ciptaan hanya manusia, yang diciptakan “menurut gambarnya Tuhan”. Seperti apakah “gambar dan keserupaan” penuh dari Tuhan itu? Seperti Yesus Kristus! Tuhan ingin anak-anak-Nya memiliki gambar dan keserupaan dengan-Nya. Anda tidak akan pernah menjadi Tuhan, atau bahkan seorang ilah. Ia menginginkan Anda menjadi kudus. Meneladani nilai-nilai-Nya, sikap, dan karakter-Nya.
Tujuan akhir Tuhan bagi hidup Anda di bumi bukanlah kenyamanan, tetapi pengembangan karakter.:
Roh Tuhan bekerja didalam Anda. tugas Roh Kuduslah untuk menghasilkan karakter serupa Kristus didalam diri Anda. anda tidak dapat mereproduksi karakter Yesus dengan kekuatan sendiri. Hanya Roh Kuduslah yang memiliki kuasa untuk membuat perubahan-perubahan yang Tuhan inginkan didalam Hidup Anda.
Anda harus bekerjasama dengan karya Roh Kudus. Roh Kudus melepaskan kuasa-Nya begitu Anda mengambil langkah iman. Ketaatan membuka pintu kepada Kuasa Tuhan. Tuhan menunggu Anda bertindak dulu. Jangan menunggu merasa kuat atau percaya diri dulu. Paulus menjelaskan dalam Efesus 4:22-24 tentang tiga tanggung jawab Anda menjadi serupa dengan kristus. Pertama, meninggalkan cara bertindak yang lama. Kedua mengubah cara berpikir Anda. anda ijinkan Tuhan mengarahkan pikiran-pikiran Anda. ketiga mengenakan karakter Kristus dengan mengembangkan kebiasaan-kebiasaan kudus yang baru.
TUHAN menggunakan Firman-Nya, umat dan keadaan untuk membentuk Anda. firman Tuhan menyediakan kebenaran yang Anda butuhkan untuk bertindak, umat Tuhan menyediakan dukungan yang Anda butuhkan untuk bertumbuh, dan keadaan menyediakan lingkungan yang Anda butuhkan untuk mempraktekkan keserupaan dengan Kristus. Kedewasaan rohani yang sejati adalah tentang belajar mengasihi seperti Yesus, dan Anda tidak dapat mempraktekkan seperti Yesus tanpa berada dalam hubungan dengan orang lain. Ingat, semunya tentang kasih – mengasihi Tuhan dan mengasihi sesama.
Menjadi seperti kristus adalah proses pertumbuhan yang panjang dan perlahan. Tuhan jauh lebih tertarik dalam membangun karakter Anda daripada segala hal yang lain. Anda cemas ketika Tuhan tampak diam dan permasalah spesifik seperti “karier apa yang sebaiknya kupilih?” Kenyataannya adalah ada banyak kerier yang berberda-beda yang dapat berada dalam kehendak Tuhan bagi hidup Anda. apa yang Tuhan paling pedulikan adalah bahwa apapun yang Anda lakukan, Anda lakukan dengan cara yang serupa dengan Kristus. Tuhan jauh lebih memikirkan karakter daripada karier, karena Anda akan membawa karakter dalam kekekalan, tetapi karier tidak.
Yesus tidak mati diatas kayu salib hanya biar Anda hidup nyaman. Tujuan-Nya jauh lebih dalam dari itu. Tuhan mau membuat Anda Dia sebelum membawa Anda kesurga. Inilah keistimewahan terbesar Anda, tanggung jawb terdekat Anda, dan tujuan akhir Anda.

Pertanyaan perenungan. Dibidang hidupku yang mana aku perlu kuasa Roh Kudus untuk menjadi seperti Kristus hari ini? 2 Kor 3:18b

Tidak ada komentar: